Selasa, 07 September 2010

BAB II ORGANISASI PENDIDIKAN

Keberadaan manusia di dunia ini tidak ada yang luput dari keanggotaan suatu organisasi.  Organisasi merupakan sebuah wadah dimana orang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan bersama. Pemahaman organisasi ini menunjukan bahwa dimana pun dan kapan pun manusia berada ( berinteraksi ) maka disitu muncul organisasi. Pemahaman organisasi tidak lagi sebagai suatu wadah organik dari orang-orang yang berkumpul untuk suatu tujuan, tetapi berkembang pada interaksi orang untuk maksud tertentu. Organisasi dapat diidentifikasi sebagai keluarga, rukun tetangga, rukun warga, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, Negara, perserikatan dua Negara atau lebih, perserikatan bangsa-bangsa, dan lain sebagainya. Kemestian manusia saat ini berada dalam suatu organisasi ditunjukan untuk mencapai tujuan bersama dengan lebih efektif dan efesien, bukan semata-mata suatu kondisi yang kebetulan. Efektifitas dan efesiensi ini dapat digambarkan sebagai 100 sapu lidi yang diikat secara bersamaan akan memiliki kekuatan yang lebih besar untuk membersihkan satu halaman dibandingkan dengan sejumlah 100 sapu lidi digunakan secara terpisah untuk membersihkan satu halaman.
Naskah lengkap silakan di-unduh melalui link dibawah ini.

unduh

1 komentar:

  1. maaf bapak saya mau menjawab soal bapak :
    1. Organisasi menurut saya merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama,
    2. Perbedaan Orgnisasi Formal dengan Informal adalah terletak pada keberadaan struktur nya. Seperti Struktur dalam organisasi formal dimaksudkan untuk menyediakan penugasan kewajiban dan tanggungjawab kepada personil dan untuk membangun hubungan tertentu antara orang-orang pda berbagai kedudukan, misalnya SD merupakan contoh organisasi formal.
    Sedangkan dalam Organisasi informal menggunakan interaksi dalam menghasilkan hubungan struktural terlebih pada organisasi persekolahan, dimana kekeluargaan menjadi salah satu landasan prilakunya.
    3. dimensi Struktur Organisasi :
    Robbins mengemukakan tiga komponen yang menjadi dimensi struktur organisasi, yaitu :
    a. Kompleksitas yang merupakan tngkat diferensiasi (perbedaan) yang ada di dalam sebuah organisasi (Robbins, 1994:91).
    b. Formalisasi merupakan tingkat sejauhmana pekerjaan di dalam organisasi distandarkan.
    c. Sentralisasi merupakan tingkat dimana pengambilan keputusan dikosentrasikan pada suatu titik tunggal dalam organisasi.

    4. Yang dimaksud dengan sekolah sebagai sistem sosial adalah karena Sekolah sebagai organisasi sosial memandang organisasi dalam konteks sistem social yang memiliki tujuan tertentu dan merupakan tujuan bersama, dimana antara siswa dan guru saling ketergantungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.
    5. implikasi dari jalinan hubungan sekolah dengan lingkungan yang dinamis adalah menjadikan sekolah sebagai tempat belajar untuk semua orang.
    6. Yang dimaksud dengan sekolah learning organization adalah Sekolah sebagai organisasi pembelajaran dimana Sekolah dipandang sebagai organisme yang hidup dan berkembang sebagaimana manusia.,hewan dan tumbuhan, karena Sekolah sebagai suatu organisasi juga dipandang sebagai sistem sosial yang terbuka terhadap lingkungan organisasi yang memiliki Upaya untuk merespon dan memenuhi berbagai tuntutan dan perkembangan lingkungan,

    Sekian yang dapat saya jwab Bapak terima kasih....

    BalasHapus